All posts by nyomanmahardikajaya@gmail.com

Zona Kualifikasi Piala Dunia Rusia 2018 di Benua Amerika

Piala dunia sepak bola yang merupakan gelaran paling akbar pertandingan sepak bola antar negara akan diselenggarakan sebentar lagi di Rusia tepatnya tahun 2018. FIFA sebagai otoritas tertinggi sepak bola sejagat tentu sudah mempunyai rencana yang matang agar nantinya gelaran akbar itu berjalan lancar. Salah satunya adalah mengadakan kualifikasi piala dunia untuk memilih siapa saja yang berhak ada di putaran final yaitu piala dunia Rusia 2018.

Sobat penggila bola tentu saja harus paham bahwa FIFA sudah membagi kualifikasi ke dalam beberapa bagian yang patokannya adalah dari benua mana asal sebuah negara. Salah satu benua yang mengadakan kualifikasi piala dunia adalah benua Amerika. Ini merupakan salah satu benua besar tempat beberapa negara pesohor sepak bola berasal seperti Brazil dan Argentina. Karena dirasa sulit mengadakan satu kualifikasi untuk banyak negara di benua ini maka FIFA membaginya menjadi dua yaitu zona CONCACAF dan CONMEBOL. Untuk memahami lebih dalam mengenai hal tersebut mari kita bahas lebih lanjut.

Zona Kualifikasi Piala Dunia Rusia 2018 di Benua Amerika

 

Apa itu zona CONCACAF ?

secara literal CONCACAF singkatan dari Confederation of North, Central American and Carribean. Berdasarkan hak itu, kita bisa paham bahwa zona CONCACAF itu adalah negara negara yang ada di Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia. Ada beberapa negara yang masuk di kualifikasi piala dunia zona CONCACAF 2018. Diantaranya adalah:

  • Mexico
  • Costa rica
  • Panama
  • Honduras
  • Amerika Serikat
  • Trinidad and Tobago

Untuk zona CONCACAF, hanya tiga tim terbaik yang otomatis lolos ke putaran final. Mereka adalah Mexico, Coasta Rica dan Panama. Sementara untuk urutan ke empat akan mengikuti intercontinental playoff yang akan diwakili oleh Honduras.

Lalu seperti apa itu intercontinental Playoff ?  Untuk memenuhi kuota peserta piala dunia, FIFA memang sudah menentukan aturan bahwa playoff lintas konfederasi akan digelar dan terkait dengan hal ini empat konfederasi yaitu AFC, CONCACAF, CONMEBOL DAN OFC akan mengirim satu wakilnya untuk mengukuti putaran ini. Sistem dua leg akan diberlakukan di putaran Playoff ini yang artinya tim yang berakhir dengan agregat terbesar maka akan lolos ke Rusia. Honduras sendiri akan bertemu dengan Australia pada leg pertama yang akan dihelat pada 6 November dan giliran di Leg 2, Australia akan menghadapi Peru pada tgl 14 November.

Apa itu CONMEBOL ?

CONMEBOL sendiri kepanjangannya adalah confederation sudamericana de fútbol yang merupakan konfederasi sepak bola untuk negara-negara yang posisinya di Amerika Selatan. CSF adalah julukan lain untuk CONMEBOL. Untuk kualifikasi piala dunia Rusia 2018 kali ini, ada empat negara yang sudah pasti lolos ke putaran final yaitu Brasil, Uruguay, Argentina dan Kolombia. Peru mendapat jatah playoff karena ada di posisi lima sementara lima negara lainnya yaitu Chile, Paraguay, Ekuador, Bolivia dan Venezuela harus mengubur mimpinya tampil di Rusia 2018 untuk kejuaraan World Cup. Peru sendiri akan menantang New Zealand di Intercontinental playoff dengan sistem 2 leg.

Melihat penjelasan di atas, sudah jelas sekali bahwa Conmebol memiliki lebih banyak anggota dibandingkan dengan Concacaf. Maka tak heran wakil yang lolos ke putaran final pun lebih banyak yaitu Conmebol mengirim 4 wakil sementara Concacaf hadir dengan 3 peserta yang otomatis lolos. Kedua zona ini sama-sama mengirim satu wakilnya untuk playoff lintas benua.

Yang aneh pada gelaran kualifikasi piala dunia di benua Amerika ini adalah Chile tidak lolos bahkan tidak dapat jatah playoff setelah pada laga pamungkas dihantam Brasil dengan skor 3-0. Ironis sekali padahal Chile adalah juara Copa Amerika di dua periode sebelumnya. Tapi itulah sepak bola yang menihilkan Status Quo. Di zona Concacaf sendiri juga terjadi keganjilan yaitu Amerika Serikat gagal lolos ke putaran final. Jika menilik beberapa periode silam, Tim Paman Sam ini sudah beberapa periode selalu masuk ke putaran final.

Siapa pemain paling tajam ?

Untuk Conmebol, Edison Cavani tampil sebagai pencetak gol terbanyak dengan 10 gol. Lengkap sudah kebahagiaan pemain ini karena berhasil membawa Uruguay lolos otomatis ke final sebagai runner up.  Sementara untuk Concacaf, C. Pulisic dari Amerika Serikat yang menjadi pencetak gol terbanyak dengan 5 gol. Namun sayang Pulisic Cs tak bisa ke Rusia karena hanya finish di posisi ke 5.

Pemain Sepak Bola Dengan Kaki Kiri Terbaik

Fakta Lain Sepak Bola – Pemain sepak bola tentu saja tak lepas dari tendangan. Seorang pemain mungkin mahir mengolah bola dengan kedua kakinya atau hanya dengan satu kaki saja, kiri atau kanan. Christiano Ronaldo adalah satu contoh yang kekuatan kaki kirinya sama dengan kaki kanan. Itu alasan mengapa pemain ini disebut yang paling komplit di dunia karena bukan saja kedua kakinya bagus tapi juga sundulannya. Belum lagi ia mampu membuat gol spektakuler menggunakan back heel. Kali ini akan dibahas beberapa pemain dengan kemampuan kaki kiri terbaik.

  • Angel Di Maria

Pemain yang sekarang membela PSG ini memang amat handal menggunakan kaki kiri. Bahkan saking ia merasa nyaman sang pemain kerap menyilangkan kaki kiri saat bola seharusnya ditendang menggunakan kaki kanan.

  • Gareth Bale

Pemain Madrid asal Wales ini amat bagus kaki kirinya. Di Madrid sendiri ia beperan mengambil tendangan bebas saat posisinya di kiri gawang dan hasilnya sering sekali memuaskan. Ia mampu mencetak banyak gol dengan kondisi itu.

  • James Rodriguez

Pemain asal Colombia yang kini membela Munchen juga piawai dengan kaki kirinya. Ia bahkan mampu membuat gol terbaik kala ajang Piala Dunia 2010 digelar dengan tendangan kaki kiri yang spektakuler.

  • Lionell Messi

Jelas sekali Messi adalah pemain dengan kaki kiri terbaik di dunia. Setiap tendangan bebas dari posisi kiri gawang selalu saja Messi yang melakukannya dan sering sekali berbuah gol.

  • Mezut Ozil

Pemain asal Jerman ini bagus saat menggunakan kaki kiri. Saat melakukan crossing ia kerap menggunakan kaki kidal yang akurasinya sangat tinggi. Saat tendangan bebas di posisi kiri pun, Ozil sering menjadi penendangnya.

Itulah beberapa pemain dengan kaki kiri terhebat. Tentu saja masih ada pemain lainnya yang juga kaliber dunia seperti Juan Mata, Romelu Lukaku dan Arjen Roben.

MU Kini Yang Tak Sama Dengan Yang Dulu

Riview Liga Inggris – Manchester United memulai Liga Primer dengan impresif, tiga kemenangan dengan semuanya clean sheet menjadi pembuktiannya. Tentu semua tak lepas dari kecerdikan Mourinho dalam mendatangkan pemain berkualitas. Romelu Lukaku dan Matic adalah dua rekrutan sukses MU di musim ini. Lukaku tampil moncer di tiga lag awal dengan mencetak 3 gol sementara Matic tampil kompak dengan Pogba di lini tengah United.

Mike Phelan mantan pemain MU memberikan pujian atas capaian MU yang tidak kalah dalam 3 laga Primer League disertai clean sheet. Ia mengatakan skuad The Red Devils kini jauh lebih kuat dari musim lalu dan ia yakin kejayaan MU akan kembali bisa diraih.

Musim lalu MU memang berhasil menjadi juara Liga Eropa namun secara keseluruhan Pogba CS tak tampil memukau. Sering imbang dan kalah di Old Trafford membuat MU harus puas finish di posisi enam musim lalu. Untungnya juara Liga Eropa mendapatkan jatah main di Liga Champions.

Kini United bertengger di puncak klasemen dengan 10 gol dalam tiga laga tanpa terkalahkan. Tampil kompak dan terus menekan memang ditunjukkan oleh anak asuh Mou di setiap laga yang sudah dijalani.

Beberapa pemain MU yang tampil apik selain Lukaku dan Matic adalah Pogba serta Mhiktaryan. Dengan kondisi seperti ini di awal laga, diyakini United akan kembali meraih kejayaan seperti pada Era Ferguson.

Skuad yang dalam pun kini dimiliki United sehingga permasalahan cedera akan mudah diatasi. Musim lalu cedera yang menyebabkan MU tampil naik turun sehingga tak bagus finish di Liga Primer.

Mkhitaryan Menyamai Rekor Assist Yang Sudah 23 Tahun Lamanya

Berita Seputar Liga Inggris – Siapa yang paling bersinar di skuad MU saat ini ? Mungkin sebagian akan menjawab Romelu Lukaku karena dalam tiga laga bersama United di Liga Inggris, ia sudah mencetal 3 gol.  Bila tidak gagal saat mengeksekusi pinalti kala melawan Leicester, gol sang pemain akan menjadi 4.

Namun tidak hanya lukaku saja yang bersinar karena masih ada Mkhitaryan. Bukan gol yang menjadi penyebabnya melainkan assist yang sudah lima kali ia lakukan. Adalah wajar assist yang menjadi patokan karena sang pemain bukanlah seorang striker.

Dari total 10 gol yang MU buat di tiga laga awal liga primer, lima adalah assist pemain asal Armenia ini. Rinciannya adalah 2 assist saat melawan West Ham dan 2 assist saat melawan Swansea serta satu assist kala MU bertemu Leicester.

Apa yang dilakukan Mkhitaryan ternyata telah menyamai sebuah rekor  yang sudah berusia 23 tahun yaitu pada musim 1994/1995, Ruel Fox membuat 3 assiat untuk Newcastle United. Tentu itu merupakan capaian yang luar biasa.

Mkhitaryan memang selalu dipasang sebagi starting line up MU dalam tiga laga awal. Posisinya tepat ada di belakang Lukaku dan diapit oleh Rasford dan Mata.  Meski sedang panas, kapten tim nasional Armenia ini harus ikut jeda liga karena akan ada laga kulifikasi piala dunia. Liga inggrus akan bergulir kembali pada 9 September dan MU akan jumps Stoke City. Tentu pada laga ini patut dinanti aksi ciamik dari pemain yang dibeli MU dari Dortmund itu.

Kapan Lindelof Menjadi Starter di Skuad MU ?

Update Liga Inggris Terbaru – Bila ada yang ingin mempertanyakan tak tik Mourinho untuk MU sejauh ini, tentu pertanyaannya adalah mengapa Lindelof tidak diturunkan sebagai line up di tiga laga awal liga Inggris. Pemain ini memang dibeli dari Benfica untuk membenahi lini belakang The Red Devils yang memang keropos musim lalu.

Lindelof sendiri sudah diturunkan di laga kompetitif yaitu pada saat melawan Madrid di piala Super Eropa. Penampilan perdananya dinilai buruk dan keputusan MU membeli sang pemain dengan harga mahal sempat dipertanyakan.

Lalu apa rencana Mou terhadap bek berkebangsaan Swedia ini ? Pada laga fase grup liga Champions, MU akan bertanding melawan wakil swiss Basel. Duet lini belakang yang selama ini diisi oleh Jones dan Bailly tampaknya akan mengalami perubahan.

Kedua pemain belakang itu tampil kompak. Terbukti dengan 3 kali menghantarkan MU clean sheet di tiga laga awal liga primer. Karena skorsing tak bisa bermain, Mou merencanakan menduetkan Lindelof bersama Smalling. Pelatih asal portugal itu yakin ini saat yang tepat untuk memberi Lindelof waktu bermain.

Mou mengatakan bahwa Smalling siap turun dan begitupun dengan Lindelof. Ia menambahkan bahwa kondisi mental semua pemain sedang bagus dan tidak ada masalah dengan rotasi yang terjadi pada kedua bek belakang tersebut.

Meski Lindelof digadang-gadang akan menjadi bek andalan MU, bermain di Liga Inggris memang tak pernah mudah bagi siapa pun. Perlu adaptasi untuk bisa bermain bagus. Tentu patut dinantikan apakah Lindelof akan mampu membuktikan bahwa ia layak didatangkan dengan haga mahal.

Arsenal Makin terpuruk Dengan Skema Tiga Bek

Seputar Liga Inggris –  Arsenal harus rela pulang dengan tangan kosong kala tandang ke markas Liverpool dalam lanjutan liga inggris. Menggunakan formasi 3 bek tampak sekali pertahanan The Gunners amat rapuh melawan gempuran Firmino, Sadio Mane dan Salah di lini depan Liverpool. Ini terbukti dengan 4 gol yang bersarang ke gawang Arsenal.

Adalah wajar bila Ozil Cs dianggap bermain ala anak sekolah yang turun ke lapangan becek untuk bersenang senang main sepak bola. Arsenal menguasai 52 persen pertandingan namun dari 8 shot on target tak satu pun yang tepat sasaran. Bandingkan dengan Liverpool 18 tembakan 8 tepat sasaran dan empat menjadi gol.

Pada laga kali ini memang terlihat sekali pemain Arsenal amat kebingungan apalagi saat serangan datang. Formasi 3 bek Wenger pun mulai dipertanyakan padahal musim ini pemain mahal sekelas Lacazette telah didatangkan.

Namun Ramsey mengajak teman temannya untuk segera berbenah agar bisa lebih baik di laga selanjutnya. Ia menilai kekalahan telak atas Liverpool harus segera dilupakan. Kekalahan ini juga membuat Alexis Sanchez tampak terpukul. Sang pemain ditarik pada babak kedua dan selama pertandingan tak bisa berbuat banyak.

Salah satu awal musim terburuk bagi Arsenal dengan kekalahan ini. Keraguan publik akan kapabilitas Wenger mulai muncul. Bahkan pada laga ini para fans arsenal mulai meninggalkan lapangan meski laga belum usai.

Aaron Ramsey pada laga ini amat disorot karena melakukan blunder fatal sehingga membuat The Gunners kebobolan meski sang pemain sendiri yang meminta rekan rekannya untuk segera berbenah.

Buah Simalakama Bagi MU dengan Kedatangan Ibrahimovic

Berita Seputar Liga Inggris – Ibra kembali masuk ke skuad MU musim ini setelah beberapa bulan yang lalu kontraknya diputus oleh manajemen. Cedera parah kala tanding melawan Anderlecht di semi final liga eropa membuat Ibra tak diperpanjang kontraknya.

Pemulihn cedera ibra berlangsung cepat. Dan mulai muncul rumor sang pemain akan kembali ke MU. Musim lalu ia memang tampil ciamik dengan 28 gol sebagai top skorer klub. Kedekatan dengan Mou serta pengalaman bermain di level tinggi mungkin menjadi penyebab mengapa MU merekrut kembali sang pemain meski Lukaku dan Matic sudah didatangkan.

Didatangkan tanpa biaya juga mebjadi alasan kenapa Ibra masuk lagi ke skuad The Red Devils. Ibra dikonrak setahun oleh MU namun kedatangan pemain ini bisa saja menjadi masalah mengingat beberapa pemain muda akan kehilangan kesempatan bermain reguler. Martial adalah salah satu yang bisa terpinggirkan akibat datangnya Ibra padahal sang pemain sudah tampil apik di dua laga awal liga ingris.

Mengarungi musim yang padat tentu bisa menjadi keuntungan buat MU dengan mendatangkan ibra karena sang pemain akan membuat skuad MU sangat dalam. Beberapa pemain sudah jarang diturunkan seperti Lingard san Herrera. Tentu menumpuknya pemain MU khususnya di lini serang bisa menjadi masalah selain mendatangkan keuntungan.

Tentu patut kita nantikan apakah keputusan MU mendatangkan Ibra akan menjadi keuntungan atau tidak. Tak bisa dipungkiri ibra adalah adalah salah satu striker terbaik di dunia sepak bola namun usia yng sudah tak muda lagi tetap membuat sang pemain sudah tak maksimal di lapangan hijau.

Rooney Tampil Moncer di Everton

Berita Seputar Liga Inggris – Rooney sudah habis. Mungkin itu ungkapan yang pas kala mantan kapten MU ini memutuskan hengkang dari Old Trafford. MU adalah klub yang membuat namanya bersinar dan kini menjadikannya top skorer sepanjang masa. Bukan saja di MU, Wazza adalah top skorer untuk timnas Inggris.

Kepergian Rooney dari MU memang tak mengejutkan mengingat jatah bermain yang semakin sedikit. Usia yang sudah tak lagi muda tentu menjadi pemicunya meskipun pernah suatu waktu Mourinho mengatakan Rooney adalah tipe pemain yang ia sukai. Namun itu dulu kalau Mou masih melatih Chelsea.

Waktu terus berlalu dan kini Rooney sudah sah balik kandang ke Everton, klub yang telah cukup lama ia bela sebelum berseragam MU. Di usia yang tak muda lagi Rooney masih diminati banyak klub khususnya klub dari liga China dan MLS. Terbukti sang pemain memilih balik ke Everton yang tentu bukan uang motivasinya.

Rooney membuktikan pilihannya tidak salah karena ia selalu dipercaya menjadi line up Everton oleh Koeman. 2 gol telah ia buat di 2 laga perdana Liga Primer. Itu membuktikan ia belum habis. Sang pemain kembali menemukan sinar terangnya.

Jagielka yang menjadi kapten Everton menilai Rooney membuat keputusan bukan berdasarkan uang. Ia bisa saja mendapat gaji dua kali lipat bila pindah ke klub Cina atau MLS yang memang sangat meminatinya.

Kecintaan terhadap klub pertamanya saat menjadi pemain sepak bola profesional serta bertanding di depan para keluarga yang menyayanginya membuat Rooney termotivasi sehingga membuktikan ia belum habis. Kehadiran Rooney di Everton memang diharapkan bisa membawa klub ini ke jajaran 4 besar.

Madrid Masih Saja Adem Ayem di Bursa Transfer

Update Transfer Sepakbola – Madrid terbilang tidak aktif di bursa transfer pemain. Tak ada nama besar yang datang, hanya Cabellos dan Theo Hernandez serta memulangkan Jesus Vallejo saja yang dilakukan Madrid. Meskipun demikian, dalam rentang seminggu saja sudah dua trofi yang didapat El Real yaitu Piala Super Eropa dan Piala Super Spanyol. MU dan Barcelona lah yang menjadi korban keganasan Madrid.

Kylian Mbappe yang dirumorkan akan pindah ke Madrid tapi saat ini belum juga ada tanda-tanda sang pemain akan hengkang dari AS Monaco. Zidane sendiri pernah mengaku bahwa ia tertarik dengan pemain muda tersebut.

Los Blancos sendiri sebenarnya sudah mengantongi 125 juta Euro sebagai hasil dari penjualan Alvaro Morata, Diaz dan beberapa pemain lainnya dan juga hasil dari peminjaman James Rodriguez. Uang sejumlah itu tentu cukup untuk mendatangkan beberapa pemain top.

Zidane mengaku sudah punya skuad fantastis yang terbukti dengan penampilan anak asuhnya yang masih membuat lawan ngeri. Namun pelatih berkepala plontos ini tak menutup kemungkinan untuk mendatangkan beberapa pemain lagi namun belum pasti siapa yang akan datang.

Praktis setelah kepergian Morata ke Chelsea, hanya Benzema yang menjadi penyerang top. Vallejo yang dipulangkan dari Leverkusen masih belum setara dengan pemain asal Prancis itu. Apalagi kini Ronaldo terkena skorsing 5 laga. Itu artinya mendatangkan pemain baru di barisan depan sangat mendesak.

Tentu patut ditunggu gebrakan Madrid di bursa transfer jelang tutup pada akhir Agustus ini. Publik berharap Madrid tidak hanya kalem saja mengingat akan ada banyak laga yang dilakukan pasukan Los Blancos di musim ini.

Pantas Kah Hukuman Larangan Bermain 5 Laga Untuk Ronaldo ?

Info Seputar Sepak Bola – Sudah jatuh ketimpa tangga. Mungkin itu kata yang pas untuk Ronaldo. Setelah dikartu merah pada el classico leg 1 Piala Super Spanyol, sang pemain akhirnya mendapat larangan bermain sebanyak lima laga.

Tentu saja itu menjadi kerugian besar buat El Real mengingat sang pemain gak akan bisa dimainkan di leg 2. Selain itu CR7 juga harus absen di empat laga awal La Liga. Mendorong wasit di sebuah laga memang termasuk pelanggaran berat. Sesuai aturan RFEF, federasi sepak bola Spanyol, mendorong termasuk tindakan provokasi yang masuk ke pelanggaran berat. Bila ini terjadi hukuman yang didapat berupa larangan main 3 sd 12 pertandingan.

Ronaldo sendiri mendapat kartu merah pada leg 1 Piala Super Spanyol setelah dua kali mendapat kartu kuning, yang pertama saat melakukan selebrasi mengejek Barcelona dengan melepas baju di hadapan supporter tim tuan rumah dan yang kedua karena dianggap diving.

Meski turun sebagai pemain cadangan pada laga itu, CR7 tampil sempurna dengan mencetak gol kedua buat Madrid di menit ke 80. Mendapat operan dari Isco, CR7 di laga itu mengelabui Pique dan kemudian menyontek bola ke kanan gawang tanpa dapat dijangkau Ter stegen.

Pihak Madrid rencananya akan banding atas keputusan larangan main untuk Ronaldo ini. Beberapa pemain Madrid pun kecewa dengan hukuman buat CR7 ini. Ramos menyatakan tak pantas Ronaldo mendapat kartu kuning kedua karena aksinya bukan diving melainkan ketidakseimbangan karena didorong Umtiti.

Ronaldo pun tampak kesal pada keputusan wasit lalu melakukan protes denngan mendorongnya. Zidane pun yang menjadi pelatih Madrid berpendapat keputusan kartu buat Ronaldo sedikit kejam dan berlebihan.

Meski tanpa Ronaldo yang masih dalam pelarangan main, Madrid akan tetap fokus dan optimis melawan Barca di Bernabeu. Hanya butuh hasil seri atau kalah dengan skor 2-0, Madrid akan menjadi pemenang Piala Super Spanyol.